RPP KELAS 5 SD/MI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BERPENYEBUT BERBEDA
July 18, 2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V ( Lima ) / 1 ( Satu )
Pembelajaran ke- : 2
Hari/Tanggal : Kamis / 19 Juli 2018
A. Materi Pokok
1. Penjumlahan pecahan
B. Alokasi Waktu
1 x pertemuan ( 3 x 35 menit )
C. Tujuan Pembalajaran
1. Melalui pemberian contoh dan latihan soal , peserta didik dapat menentukan KPK dua buah bilangan.
2. Melalui pemberian contoh dan latihan soal, peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dua pecahan berpenyebut berbeda.
3. Melalui latihan soal, peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang melibatkan hitung pecahan berpenyebut berbeda.
D. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
4.1 Menyelesai kan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
E. Indikator
1. Menentukan KPK dua bilangan dengan tepat dan percaya diri.
2. Menentukan hasil penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dengan benar.
3. Menentukan hasil pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dengan benar
4. Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan hitung pecahan dengan tepat dan percaya diri.
F. Materi Pembelajaran
1. Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda.
G. Media Pembelajaran
1. Gambar pecahan melalui media slide
2. Buah-buahan
H. Sumber Belajar
1. Buku Matematika yang relevan
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembukaan
1. Guru membiasakan anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran lewat berdoa bersama-sama dipimpin oleh seorang anak.
2. Guru menanyakan pengalaman peserta didik tentang pengalaman yang melibatkan penjumlahan pecahan.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.
Kegiatan Inti
1. Guru menyajikan sebuah permasalahan yang berisikan konsep penjumlahan pecahan.
2. Peserta didik menentukan kalimat matematika kedalam bentuk penjumlahan/pengurangan pecahan.
3. Peserta didik mendiskusikan cara pengerjaan penjumlahan pecahan tersebut berdasarkan pengalaman mereka sebelumnya.
4. Peserta didik menyampaikan temuan mereka, dan selanjutnya memperhatikan contoh yang diberikan penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda yang disampaikan oleh guru melalui tayangan slide.
5. Peserta didik mengamati cara pengerjaan hitung pecahan berpenyebut berbeda.
6. Peserta didik menyelesaikan lembar kerja siswa yang telah dipersiapkan guru.
7. Guru berkeliling mendampingi peserta didik dalam mengerjakan LKS.
8. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan, temuan mereka.
9. Peserta didik saling mengoreksi pekerjaan teman mereka.
10. Peserta didik menyimak kembali penjelasan guru dalam mencari KPK suatu bilangan.
11. Peserta didik menyelesaikan soal cerita yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
12. Guru memberikan reward bagi peserta didik yang berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik.
13. Guru bersama peserta didik mempersiapkan untuk merangkum kegiatan pembelajaran.
Kegiatan Penutup
Guru bersama-sama dengan peserta didik , membuat rangkuman/simpulan materi
Guru melakukan penilaian
Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa untuk berlatih soal bersama kedua orang tua menyelesaikan permasalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
K. Penilaian
1. Teknik Penilaian :
a. Penilaian Sikap : Observasi
b.Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja
b. Penilaian Pengetahuan
1. Tentukan hasil penjumlahan pecahan berikut ini !
a) 2/4 + 3/8 = . . . .
b) 2/5+ 4/6= . . . .
c) 4/6+ 2/4 = . . . .
d) 3/14 - 1/7 = . . . .
e) 10/12- 3/8 = . . . .