Cara Cepat Menentukan Panjang Rusuk dari Volume Kubus Pembelajaran Kelas 5 K13


Dalam pelaksanaannya pembelajaran di kelas 5 tahun pelajaran ini kembali ke kurikulum 2013, meskipun tidak semua sekolah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Kurikulum 2013.

Pembelajaran tematik kelas 5 sekolah dasar tidak ikut memadukan muatan matematika ke dalam pembelajaran tematik, sehingga matematika masih berdiri sendiri sebagai mata pelajaran yang diajarkan secara terpisah dengan tema.

Salah satu muatan materi pelajaran yang dibelajarkan di kelas 5 K13 adalah volume bangun ruang.
Adapun bangun ruang yang mulai dibelajarkan adalah bangun ruang kubus dan balok.

Seperti yang kita ketahui dalam pembelajaran menentukan volume kubus tentunya ada langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru. Pada kesempatan kali ini, Matramatika hanya akan membagikan cara cepat bagaimana menentukan volume kubus.

Sebagai rumus awal, volume kubus dapat ditentukan dengan menggunakan rumus : Volume = rusuk x rusuk x rusuk atau r3 

Dalam pembelajaran di kelas siswa sering kali mengalami kendala untuk dalam menentukan panjang rusuk sebuah kubus. Kondisi ini diperparah lagi dengan cara yang masih sederhana digunakan oleh siswa dalam menentukan rusuk kubus.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara cepat dalam menentukan panjang rusuk sebuah kubus dari volume kubus.

Langkah pertama:
Anda harus menentukan bilangan pokok pangkat tiga. Mulai dari 0 hingga 9. Untuk mempermudah, saya sudah sediakan tabel hasil pangkat tiga dari bilangan 0 sampai 9.

Lalu bagaimana menentukan panjang rusuk sebuah kubus dari tabel tersebut?

Menentukan panjang rusuk sebuah kubus dari volumenya = dengan ³√ volume

untuk itu jika diketahui volumenya, maka panjang rusuknya tinggal diakar pangkat tigakan saja. nah, berikut ini cara cepat dalam menentikan akar pangkat tiga suatu bilangan.

Perhatikanlah contoh-contoh berikut:

. ³√1728 = …


Penyelesian:


Satuan dari bilangan 1728 adalah 8.

8 adalah satuan dari 23, maka satuan dari ³√1728 adalah 2. Untuk mengetahui puluhannya, perhatikanlah bilangan setelah 3 angka dari belakang, yaitu 1, kemudian carilah bilangan yang jika dipangkatkan dengan tiga hasilnya ≤ 1 dan bilangan itu adalah 1, karena 1³ = 1.

Sehingga dapat ditemukan . ³√1728 = 12.

Bagaimana sobat, mudah bukan ?

Selamat belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel