Kompetensi Dasar Matematika Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Terbaru
September 29, 2018
Pembelajaran di kelas 1 seperti yang sudah kita ketahui menggunakan pendekatan tematik. Sejak masih menggunakan pendekatan kurikulum 2006 hingga kini yang terbaru kurikulum 2013 pendekatan pembelajaran di kelas 1 tetap menggunakan pendekatan tematik.
Pendekatan tematik merupakan pembelajaran yang menjadikan tema sebagai pintu masuk pembelajaran. Melalui tema tersebut guru memadukan beberapa muatan pelajaran yang tertuang dalam kompetensi dasar. Salah satu muatan mapel yang dipadukan dalam tematik tersebut adalah matematika.
Kompetensi dasar sangat dibutuhkan oleh guru, salah satunya adalah untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada kesempatan yang baik ini kami akan sajikan kompetensi dasar matematika kelas 1 sesuai dengan kurikulum 2013.
Kompetensi dasar untuk setiap muatan mapel sesuai dengan kurikulum 2013 terdiri dari kompetensi dasar untuk pengetahuan yang dinomerkan dengan kode 3, dan komptensi dasar untuk keterampilan yang dinomerkan dengan kode 4.
Berikut ini akan disajikan kompetensi dasar untuk muatan pengetahuan dan keterampilan.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pengetahuan Matematika kelas 1 Kurikulum 2013
Kompetensi Inti Pengetahuan
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Kompetensi Dasar Pengetahuan Matematika Semester 1
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan
Kompetensi Dasar Keterampilan Matematika Semester 1
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
Kompetensi Dasar Pengetahuan Matematika Semester 2
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
Kompetensi Dasar Keterampilan Matematika Semester 2
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu.
Demikian informasi yang bisa kami sajikan kali ini, semoga informasi ini memberikan manfaat bagi rekan-rekan pendidik khususnya guru kelas 1 SD/MI
Dan jangan lupa nantikan informasi menarik lainnya hanya di Matramatika.blogspot.com