Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 SD Volume Kubus dan Balok


Pembelajaran matematika di kelas 5 SD dengan  kurikulum 2013  di semester 2 membelajarkan tentang volume bangun ruang. Bangun ruang yang dipelajari pada semester ini adalah volume bangun ruang kubus dan balok.

Ulangan harian matematika dilaksanakan secara terpisah dengan pembelajaran tematik di kelas 5. Hal ini dikarenakan mata pelalajaran matematika tidak terpadu dengan tematik. Jam pelajaran matematika perminggunya untuk kelas 5 SD selama 6  jam pelajaran.

Ulangan harian matematika di kelas 5 biasanya dilaksanakan setelah guru menyelesaikan satu buah kompetensi dasar (KD). Alokasi waktu untuk tiap-tiap KD yang muncul di kelas 5 di tentukan oleh analisis hari efektif yang sudah ditentukan guru sebelumnya.

Kegiatan ulangan harian matematika di kelas 5 SD kurikulum 2013 membelajarkan materi tentang bangun ruang yaitu kubus dan balok. Soal ulangan harian matematika tentunya harus disusun oleh guru secara mandiri dengan memperhatikan cakupan kompetensi dasar yang muncul.

Berikut ini beberapa soal ulangan harian matematika kelas 5 SD kurikulum 2013 yang bisa anda gunakan. Soal ulangan harian kami sajikan dalam bentuk uraian. Jika memang dirasa sesuai anda bisa mengcopy soal di bawah ini.

Soal Ulangan Harian Matematika kelas 5 SD materi Volume Kubus dan Balok.

1. Agus memiliki bak mandi berbentuk kubus dengan
Panjang rusuk 40 cm. Berapakah volume bak mandi tersebut?

2. Dayu memiliki kubus mainan terbuat dari kayu. Jika jumlah Panjang seluruh rusuknya 48 cm, maka berapakah volume kubus mainan tersebut?

3. Sebuah kubus memiliki alas berbentuk persegi dengan luas 49 cm2 . Maka berapakah volume dari kubus tersebut?

4. Sebuah balok memiliki panjang 20 cm dan lebar 12 cm dan memiliki volume 1200 cm3 
Berapakah tinggi balok tersebut?

5. Sebuah kotak berbentuk balok dengan panjang 18 cm, lebar 8 cm dan tinggi 10 cm, maka berapakah volume kotak tersebut?

6. Volume sebuah balok 5.100 cm3  dengan panjang 20 cm dan tinggi 17 cm maka berapa cm lebar balok?

7. Sebuah bak penuh berisi air. Bak berbentuk balok dengan panjang 50cm , lebar 30 cm dan tinggi 40 cm. Jika air di bak tersebut sudah diambil 4 liter, Maka berapa sisa air dalam bak?

8. Sebuah balok memiliki panjang 20 cm dan lebar 12 cm dan memiliki volume 2400 cm3 
Berapakah tinggi balok tersebut?

9. Made ingin membuat rangka kubus terbuat dari besi dengan volume 512 cm3 .  Berapa panjang rusuk seluruhnya yang diperlukan Made?

10. Sebongkah balok es dicetak berbentuk kubus dengan panjang rusuk 15 cm. Berapa luas permukaan kubus es tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel