RPP Matematika Kelas 5 SD Materi Perkalian Pecahan Desimal Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

    Satuan Pendidikan    :    SDN 3 . . . .
    Mata Pelajaran    :    Matematika
    Kelas/Semester    :    V ( Lima ) / 1 ( Satu )
    Hari/Tanggal    :     


A.    Materi Pokok
1.     Perkalian pecahan

B.    Alokasi Waktu
    1 x pertemuan ( 3 x 35 menit )

C.    Tujuan Pembalajaran

1.     Melalui pemberian contoh dan latihan soal , peserta didik  dapat menentukan KPK dua buah bilangan.
2.    Melalui pemberian contoh dan latihan soal, peserta didik  dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dua pecahan berpenyebut berbeda.
3.    Melalui latihan soal, peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang melibatkan hitung pecahan berpenyebut berbeda.

D.    Kompetensi Dasar

    3.2     Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.
    4.2      Menyelesai kan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan   dan desimal

E.    Indikator   
1.    Menyelesaikan operasi perkalian pecahan desimal.
2.    Menyelesaikan operasi perkalian persen.

F.    Materi Pembelajaran
1.    Perkalian berbagai bentuk pecahan.

G.    Media Pembelajaran
1.    Gambar pecahan melalui media slide.

H.    Sumber Belajar
1.    Buku Matematika yang relevan
2.    Buku Matematika ESPS, Gunanto, Penerbit Erlangga
I.    Langkah-langkah Pembelajaran

KEGIATAN    DESKRIPSI
Pembukaan
  1.    Guru membiasakan anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran lewat berdoa bersama-sama dipimpin oleh seorang anak.
2.    Guru mengajak siswa untuk mengucapkan yel-yel kelas, sebagai bentuk mempersiapkan mental dan daya tarik mereka pada materi pelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan hari ini.
3.    Guru mengecek pengetahuan awal mereka terkait dengan perkalian pecahan biasa.
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini.    ± 5 menit

Kegiatan Inti
 1.     Guru meminta siswa untuk mengamati beberapa contoh perkalian bilangan desimal yang disajikan pada Buku Siswa.
2.    Guru mengarahkan pengamatan siswa pada banyaknya angka di belakang koma dari bilangan-bilangan yang dikalikan dan hasil kalinya.
3.    Pada Buku Siswa disajikan dua contoh perkalian, guru bisa memberikan beberapa contoh lain untuk diamati oleh siswa.
4.    Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan yang bersifat dugaan berdasarkan perkalian desimal yang diamati.
5.    Berikut ini contoh pertanyaan yang baik untuk diajukan :
6.    Apakah banyak angka di belakang koma pada hasil kali sama dengan jumlah dari banyak angka di belakang koma pada bilangan yang dikalikan?
7.    Misalkan banyak angka desimal di belakang koma pada bilangan I ada  1 dan banyak angka desimal di belakang koma pada bilangan II adalah 2, apakah hasil kalinya pasti memiliki 3 angka di belakang koma?
8.    Jika angka di belakang koma adalah 0 apakah boleh dihilangkan?
9.    Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data dengan meminta siswa mencoba menyelesaikan beberapa soal perkalian bilangan desimal.
10.    Guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan.
11.    Guru meminta siswa untuk menyajikan hasil kesimpulannya di depan kelas.

Kegiatan Penutup     
 Guru bersama-sama dengan peserta didik  , membuat rangkuman/simpulan  materi
 Guru melakukan penilaian
 Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa untuk berlatih soal bersama kedua orang tua menyelesaikan permasalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
 
K. Penilaian   
1.    Teknik Penilaian :
    a. Penilaian Sikap        :     Observasi
    b.Penilaian Pengetahuan        :    Tes Tertulis
    c.Penilaian Keterampilan        :    Unjuk Kerja

b. Penilaian Pengetahuan
1.    Tentukan hasil perkalian pecahan berikut ini !
a)    9 × 0,5 = . . . .
b)    0,2 × 0, 7 = . . . .
c)    0,67 × 2,8 = . . . .
d)    3,5 × 0,17 = . . . .
e)    13% × 2% = . . . .


Semoga Bermnfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel