Langkah-langkah Pembelajaran Skala di Kelas 5

Pembelajaran skala pada kurikulun 2013 di kelas 5 dibelajarkan pada semestet 1. Hal ini tentunya sudah diketahui betul oleh para guru kelas lima.

Skala merupakan perbandingan antara jarak atau panjang pada gambar dengan jarak dikenyataannya.

Sehingga jika pada skala tertulis 1:1.000.000 maka atinya : 1 cm pada gambar = 1.000.000 cm jarak sebenarnya.

Karena penggambaran jarak atau panjang pada kenyataan tidak ada yang menggunakan cm, maka dapat diubah menjadi 10 km.

Permasalahan yang sering dihadapi siswa ketika mempelajari skala

Sering kita temui permasalahan saat siswa mempelajari skala. Siswa terlihat bingung dalam menentukan bagaimana hubungan antara jarak gambar dengan jarak sebenarnya.

Siswa masih kebingungan ketika menentukan jarak gambar atau sebaliknya kesulitan menentukan jarak sebenarnya ditambah lagi sering yang dialami siswa, kesulitan dalam menentukan skala.

Tentunya hal tersebut harus segera diatasi oleh guru. Namun saya yakin guru pasti sudah mengupayakan hal tersebut.

Pada artikel ini saya mencoba memberikan tips sederhana yang dapat anda coba terapkan pada pembelajaran di kelas.

#1. Matangkan pemahaman siswa pada nilai satuan pada satuan jarak/panjang

Seperti yang sudah saya ulas pada artikel sebelumnya tentang bagaimana langkah dalam membelajaran satuan panjang agar lebih menarik.

Anda bisa menerapkan cara tersebut sehingga siswa benar-benar paham tentang nilai dan kesetaraan pada satuan panjang/jarak.

#2. Lengkapi dengan media, seperti ; denah, atlas, dan peta

Anak sekolah dasar merupakan pribadi yang masih pada tahap operasional konkret. Sehingga mereka masih membutuhkan bantuan berupa media nyata ketika akan mempelajari sebuah konsep.

Untuk membelajarkan mereka pada materi skala, maka perlu dibarengi dengan media konkret seperti : meteran atau penggaris, dan atlas.

Selanjutnya ajak mereka mengukur sebuah kota yang ada di provinsi setempat pada atlas. Kegiatan ini dilakukan untuk memantapkan pemahaman siswa tentang jarak gambar.

Kemudian anda bisa mengajak siswa untuk mengukur jarak tiap-tiap meja di kelas mereka, dan membuatkan denahnya. Cara seperti ini akan membuat anak lebih tertarik untuk belajar sekaligus lebih termotivasi karena mereka mengalami secara langsung.

Nah setelah semua pengalaman tersebut mereka alami, barulah anda memberikan latihan soal. Latihan soal yang anda berikan, mulailah dari soal yang mudah terlebih dahulu. Baru setelah siswa memahami betul, muali beranjak ketingkat yang lebih sulit.

Demikian ulasan pembelajaran skala yang bisa anda coba terapkan di kelas. Dengan kreatifitas anda, saya yakin pembelajaran yang anda buat akan jauh lebih bagus dan bermakna.

Selamat mencoba !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel