Penjelasan dan Soal Hitung Bilangan Bulat Negatif Materi Matematika Siswa Kelas 6 K13


Bilangan bulat merupakan salah satu bilangan yang dibelajarkan di kelas 6. Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif, nol dan bilangan bulat negatif. Jadi kalau dituliskan dari satu sampai sepuluh maka sebagai berikut :

Bilangan bulat negatif : -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9, -10 ….
Bilangan nol: 0
Bilangan bulat positif : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Bilangan bulat dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari untuk penulisan tertetu. Misalnya : Agung kekurangan bibit cabai sebanyak 5 kg.
Pak Marta memiliki hutang Rp 5000 di warung sebelah.
Pak Wayan kehilangan kambing 3 ekor dari 10 ekor kambing miliknya.

Semua kasus tadi merupakan contoh dari bilangan bulat negtaif. Jika digambarkan dalam bentuk bilangan, maka dapat ditulis sebagai berikut :
Kekurangan sebanyak 5 kg = (-5)
Memiliki hutang Rp5000 = (-5000)
Kehilangan 3 ekor kambing = (-3)

Nah, sudah mengerti bukan penggunaan bilangan negatif dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bilangan bulat negatif sebenarnya selalu kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Lalu bagaimana dengan hitung bilangan bulat tersebut? Berikut ini akan admin jelaskan cara mudah hitung bilangan bulat negatif.

Penjumlahan bilangan bulat negatif sedikit berbeda dengan penjumlahan bilangan bulat positif.  Kita ambil contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :

“Pak Sanusi semula kekurangan 7 biji batako. Namun kemarin Pak Marna memberikan 4 butir batako kepada Pak Sanusi. Apakah Pak Sanusi masih kekurangan batako atau  kelebihan batako? Jika kurang atau lebih, maka lagi berapa kekurangan dan kelebihannya?

Dari kasus diatas dapat dituliskan dalam bentuk hitung bilangan bulat negatif sebagai berikut :
Pertama Pak Sanusi kekurangan batako sebanyak 7 biji itu berarti bilangannya (-7)
Kemudian Pak Marna memberikan lagi  4 biji, itu berarti ada penambahan  +4
Sehingga hitung bilangan bulatnya menjadi (-7) + 4 = ….

Kita bisa pecahkan dengan menggunakan garis bilangan atau menggunakan manik-manik. Kali ini admin akan menggunakan manik-manik saja sebagai media hitung bilangannya. Atau anda juga bisa menggunakan kancing baju dengan warna yang berbeda sebagai medianya. Caranya sebagai berikut :

1. Gunakan kacing baju yang berbeda warna. Misalnya warna hitam untuk bilangan negatif dan warna putih untuk bilangan positif.
2. Sekarang untuk mengerjakan penjumlahan (-7) + 4 maka kita memerlukan 7 kancing baju yang berwarna hitam dan 4 kacing baju yang berwarna putih.
3. Selanjutnya warna hitam dan putih dari kancing tersebut dipasangkan. Setiap kancing yang sudah berpasangan (hitam dan putih) maka bernilai netral atau kosong. Sehingga setelah dipasangkan maka akan tersisa 3 kancing baju yang berwarna hitam, itu menunjukkan nilai (-3)
4. Dapat dituliskan penjumlahannya sebagai berikut : (-7) + 4 = (-3)

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan penjumlahan bilangan bulat negatif?

Berikutnya admin akan kasi contoh cara pengerjaan hitung bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif serta cara pengerjaannya menggunakan manik-manik dari kancing baju.

Berikut contoh soalnya dalam bentuk soal cerita.

8 + (-7) = ...

Penyelesaian :
Caranya hampir sama dengan yang tadi, baik mari baca dengan seksama setiap langkahnya :

1. Kita membutuhkan 8 kancing baju yang berwarna putih untuk melambangkan positif 8

2. Berikutnua kita ambilkan 7 kancing baju yang berwana hitam, untuk menggambarkan bilangan negatif. Selanjutnya 

3. Pasangkan setiap kancing baju yang berbeda warna tersebut. Setelah dipasangkan maka kita temukan satu kancing warna putih yang tidak memperoleh pasangan. Maka itulah hasil pengerjaan hitung tersebut yaitu positif 1

Jadi 8 + (-7) = 1

Bagaimana sangat mudah bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel