RPP Matematika Kelas 5 Kurikukulum 2013 Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Lengkap dengan Keterampilan Abad 21

Pembelajaran matematika di kelas 5 kurikulum 2013, pada semester 1 membahas materi tentang pecahan. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi pembelajaran di kelas 4. Namun untuk kali ini sudah ditingkatkan dengan materi yang lebih mendalam mengenai pecahan.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah contoh RPP Matematika kelas 5 K13 lengkap dengan keterampilan abad 21, yaitu Kreativitas, Berpikir kritis, Kolaborasi, dan Komunikasi.

Langsung saja berikut ini contoh RPP yang bisa anda copy dan dijadikan sebagai perbandingan RPP yang sudah anda buat dan laksanakan di kelas masing-masing.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah         : SD Negeri 3 .......
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V/1
Materi Pokok : Operasi Hitung Pecahan
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 pertemuan)

A. Kompetensi Inti
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. 

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

Kompetensi Dasar
3.1  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
Indikator Pencapaian
3.1.3  Melakukan penjumlahan pecahan campuran.
3.1.4  Melakkan pengurangan pecahan campuran.

4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
Indikator Pencapaian
4.1.3  Menuliskan langkah-langkah penjumlahan pecahan campuran.
4.1.4  Menuliskan langkah-langkah pengurangan pecahan campuran.

C. Tujuan Pembelajaran
  1.  Melalui model pembelajaran kooperatif STAD, siswa dapat mengurangkan dua pecahan campuran berpenyebut berbeda.
  2.  Melalui model pembelajaran kooperatif STAD, siswa dapat menjumlahkan dua pecahan campuran berpenyebut berbeda
  3.  Melalui model pembelajaran kooperatif STAD, siswa dapat menuliskan langkah-langkah penjumlahan  dua pecahan campuran berpenyebut berbeda.
  4.  Melalui model pembelajaran kooperatif STAD, siswa dapat menuliskan langkah-langkah pengurangan  dua pecahan campuran berpenyebut berbeda.

D. Materi Pembelajaran
1. Pencahan campuran
2. Pengurangan pecahan campuran
3. Penjumlahan pecahan campuran


E. Media/ Alat Pembelajaran
  Media :
Kertas
Ilustrasi Powerpoint
Alat Pembelajaran
LCD Proyektor

F. Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Siswa Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas 5, Kemdikbud 2018
2. Buku Guru Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas 5, Kemdikbud 2018

G. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Kooperatif STAD
3. Metode                      : Tanya jawab, diskusi, Kerja kelompok, ceramah, Pemberian Tugas


H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)

1. Guru mengucapkan salam
2. Melaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang siswa
3. Guru mengecek kehadiran siswa.
4. Guru mengajak siswa mengumandangkan yel-yel penyemangat sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
5. Guru menanyakan pengetahuan awal siswa tentang pecahan dan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya “Wahyu memiliki 2 buah semangka, kemudian ayah memberikan lagi ½”
6. Guru mengarahkan siswa tentang pecahan campuran.
7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini  


Demikian informasi tentang RPP Matematika Kelas 5 Kurikukulum 2013 Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Lengkap dengan Keterampilan Abad 21. 

RPP yang kami bagikan disini, tentunya masih jauh dari kategori sempurna. Mohon saran dan kritik untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran di kelas yang kita ampu.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel